h1

Kursus Bahasa Inggris Digandrungi

Juni 28, 2008

Sabtu, 28 Juni 2008
Padang, Padek– Tingginya persaingan di era global saat ini membuat masyarakat harus mempersiapkan segala kemampuan. Alasannya, supaya tidak tergilas kemajuan zaman. Salah satunya dengan mengasah kemampuan bahasa Inggris. Sebab, bahasa inggris salah satu media komunikasi dengan orang luar dari berbagai negara.

Berdasarkan pantauan Padang Ekspres di Kota Padang, terdapat banyak lembaga kursus bahasa Inggris. Di antaranya LB LIA di Jl Khatib Sulaiman, ELS di Jl A Yani, Class A di kawasan Ratulangi, EF di Jl Mongonsidi, DFC di Siteba dan ETC di Ulak Karang. Lembaga ini memberikan pengetahuan pada siswa untuk menguasai bahasa Inggris secara intensif.

Di samping itu juga banyak lembaga profesional yang membuka kelas bahasa Inggris lainnya. Seperti Quantum, LP3I, LP3M, dan Lembaga pendidikan lainnya. Hanya saja di lembaga ini hanya memberikan pengajaran dalam waktu singkat dan program khusus ditujukan pada pencari kerja. Biasanya yang telah memiliki kemampuan bahasa Inggris sebelumnya.

Dalam persaingan, mereka berlomba memberikan pelayanan dan juga fasilitas. Salah satunya, lembaga kursus bahasa Inggris English First (EF). Kursus ini memberikan pelayanan belajar untuk semua umur. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Semua itu dikemas dalam bentuk berbagai kebutuhan kemampuan bahasa Inggris student. Center Manager (CM) EF Willi Yuvika Sari kepada Padang Ekspres mengatakan EF memiliki banyak keunggulan dalam mentransfer ilmu bahasa kepada siswanya.

“Kita mendidik siswa mampu berbahasa sesuai dengan pronounciation-nya. Untuk itu EF menyediakan native speaker dari lima negara. New Zeland, Kanada, US, Australia, dan Inggris. Bahkan jumlah guru dari luar ini lebih banyak dari guru lokalnya. Alasan kita memilih native speaker dari kelima negara tersebut, karena bahasa ibu masyarakat sana bahasa Inggris,” akunya.

Beberapa paket kelas yang ditawarkan di tempat ini, di antaranya General English, Saturday Course, Small Stars, Hight Flyers, Traliblazers, international exam preparation, business english, dan conversation club. Paket tersebut diisi siswa 6 hingga 15 orang setiap kelasnya. Semuanya mengajarkan siswanya mampu berbahasa Inggris secara umum. Sedangkan untuk masyarakat yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris yang digunakan untuk persyaratan keluar negeri, EF menawarkan paket TOEFL Preparation, TOIEC Preparation, dan IELTS Preparation.

“Biasanya TOEFL Preparation digunakan siswa yang ingin meningkatkan bahasa Inggris untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. TOIEC Preparation, media untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam memasuki salah satu pekerjaan di perusahaan serta untuk alat penunjang karir di tempat berkerja keluar negeri.

Khusus untuk IELTS Preparation, diberikan khusus untuk siswa yang ingin ke England,” terang Vika, panggilan akrabnya. Sedangkan pengajaran bahasa Inggris untuk Small Stars, Hight Flyers, Traliblazers ditujukan pada anak-anak usia 4 tahun hingga usia kelas tiga SMP.

Sejak empat tahun berdiri, EF selalu konsisten untuk membangun bahasa Inggris siswanya sesuai dengan standar bahasa Inggris dari kelima negara tersebut. Setiap paket itu dijalani selama 24 kali pertemuan dengan biaya kursus dari Rp1.450.000 hingga Rp1.750.000. Biaya tersebut sudah termasuk kelengkapan belajar berupa CD dan buku panduan.

Konsep pengajaran di EF memiliki konsep small kelas, diisi 6 hingga 15 orang. “Saat ini EF memiliki 60 cabang di seluruh Indonesia. Sedangkan di negera lain sebanyak 40 negara di dunia. Dengan alasan ini kami yakin lulusan EF memiliki standar internasional. Kursus ini lebih banyak membidik siswa dari golongan middle up atau menengah ke atas,” tegasnya.

“Saat ini masyarakat kita menganggap bahasa Inggris sebagai salah satu kebutuhan hidup. Biasanya pada kelas General English diikuti siswa dari Beginer hingga tingkat Mastery. Kemampuan siswa pada kelas tertentu ditetapkan dengan cara placesment test.

Supaya siswa tidak bosan dengan suasana belajar yang monoton, EF memberikan fasilitas kenyamanan belajar dengan ruangan yang indah dan nyaman. “EF berusaha membuat siswa nyaman berada dalam kelas,” tutup wanita memiliki senyum manis ini. (mg7)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: