h1

Urus STNK dan BPKB Hanya 60 Menit

Juni 16, 2008
Senin, 16 Juni 2008
Padang, Padek—Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar membuat gebrakan baru dalam pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Pengurusan STNK dan BPKB ini membutuhkan waktu 60 menit di kantor Samsat. Jika waktu pengurusannya melebihi 60 menit, petugas kantor Samsat berkewajiban mengantarkan STNK dan BPKB itu ke rumah pemilik surat tersebut dengan tanpa biaya alias gratis.

“Selama ini kita hanya memberikan sanksi kepada masyarakat yang terlambat mengurus masalah kendaraan bermotornya. Kini bagi masyarakat yang telah mematuhi aturan dalam mengurus surat kendaraan juga diberikan pelayanan lebih. Sebab waktu satu jam itu bagi masyarakat berguna. Jika pengurusan surat itu terlambat, maka STNK dan BPKB itu harus diantar petugas ke rumahnya,” terang Kapolda Sumbar Brigjen Ino Suripno saat peresmian Delivery STNK dan BPKB di Kantor Samsat Sumbar, Sabtu (14/6).

Diterangkannya, selama ini beberapa masyarakat yang terbiasa menggunakan jasa calo atau lewat pintu belakang besar kemungkinan beralih mengurus segala permasalahan surat-surat kendaraannya sendiri ke kantor Samsat. Sebab, pelayanan di Samsat semakin cepat. “Melalui calo akan mengeluarkan dana lebih bagi pemilik kendaraan. Kini Polda Sumbar melalui Direktorat Lantas memberikan bukti pada masyarakat pelayanan kendaraan bermotor di Sumbar sangatlah cepat, tanpa membutuhkan dana lebih. Sebab tidak ada pungutan biaya apapun,” ujarnya.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Indrajit berharap semoga opini masyarakat tentang pelayanan cepat di Kantor Samsat dengan calo selama ini dapat dihilangkan. Cara pelayanan itu tidak lagi memberikan nilai-nilai edukasi dan komitmen waktu dari Polda Sumbar terhadap pelayanan STNK dan BPKB. “Tidak tanggung-tangung, masyarakat yang terlambat menerima STNK dan BPKBN di kantor Samsat, maka surat-surat tersebut akan diantarkan ke rumah pemiliknya dengan biaya gratis,” ujarnya.  Hadir Kapoltabes Padang AKBP Bambang Ramelan, Kasat Lantas Poltabes Padang AKP Arief Budiman, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Sumbar Sinang Subekti serta Kasat Lantas Polres dan Polresta se Sumbar, Kadishub Kota Padang Firdaus Ilyas, Sekretaris Organda Sumbar Budi Syukur. (mg7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: