h1

46 Pengusaha Tahu Tempe Disubsidi OP

Juli 3, 2008
Rabu, 02 Juli 2008
Padang, Padek— Dinas Perdagangan Perindustrian Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) akan memberikan subsidi kedelai pada 46 pengusaha tahu tempe dalam operasi pasar (OP), pada Minggu kedua bulan Juli. Subsidi tersebut diberikan kepada UKM yang menggunakan kedelai sebanyak 100 kg per minggu.

”OP kali menggunakan jasa salah satu distributor kedelai. Pendistribusian kedelai bersubsidi itu nantinya diantarkan langsung petugas dari Disperindagtamben ke tempat pengusaha terkait. Jumlah pembelian kedelai bersubsidi ini dari 25 kg hingga 100 kg. Hingga sekarang kita masih menyeleksi distributor yang dijadikan sebagai penyalur kedelai bersubdisi ke warga. Untuk itu hari pasti pelaksanaannya belum dapat dipastikan,” akunya Heryanto.

Dilanjutkannya, salah satu kriteria perusahan tempe tahu yang mendapat kedelai bersubsidi  yakninya perusahaan yang menggunakan karyawan maksimal 19 orang. “Kategori pengusaha kecil menengah itu dari jumlah pekerja. Lebih dari 20 orang perusahaan tersebut digolongkan dengan perusahaan besar. Jika perusahaan seperti ini telah digolongkan pada perusahaan besar dan tidak perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah,” katanya.

”Jumlah kedelai bersubsidi untuk Kota Padang belum dapat dipastikan. Hanya setiap perusahaan mendapatkan jatah yang sesuai dengan kebutuhannya. Kini di pasaran harga kedelai mencapai Rp7.500. Sehingga pada OP nanti kedelai dijual pada pedagang seharga Rp6.500,” bebernya. Kota Padang setiap bulannya membutuhkan kedelai 47 ton per bulan.

OP Migor

Heryanto juga menyebutkan di bulan Juli ini Disperindagtamben kembali melanjutkan OP minyak goreng di empat kecamatan sebanyak 7 ribu liter. Sebelumnya Diperindagtamben telah menyalurkan migor tersebut sebanyak 8 liter. Migor bersubsidi ini berasal dari migor pengalihan di salah satu kabupaten Sumbar. Migor tersebut dijual dengan harga Rp6.800 per liter dari subsidi sebesar Rp2.500. kecamatan yang mendapatkan jatah OP migor tersebut di Pauh, Padang Barat dan Telukkabung. (mg7)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: