h1

Sisi Lain Pendaftaraan Calon Perseorangan di KPUD Padang, Dari Gaya Santai Hingga Gaya Pengantin Baru

Agustus 11, 2008
Sabtu, 12 Juli 2008
Sample Image Dari gaya santai, rakyat biasa, hingga bak pengantin baru. Begitulah suasana detik-detik terakhir penerimaan bukti dukungan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang (Cawako-cawawako) dari kelompok perseorangan di kantor KPUD Kota Padang, Jumat (10/7) sekitar pukul 00.00 WIB.

Sejak  KPU Kota Padang membuka pendaftraan penyerahan suara dukungan calon peseorangan Pilkada Kota Padang Jumat pekan lalu (4/7), belum ada satupun pasangan calon yang datang memberikan bukti dukungan. Sekitar satu jam menjelang ditutupnya waktu penyerahan Kamis  (10/7) sekitar pukul 23.00 WIB kemarin, baru keenam pasangan calon pemimpin Kota Bingkuang tersebut datang satu per satu. Ketika waktu ditentukan telah habis, KPU Kota Padang pun menutup pagar kantornya. Hal itu menandakan waktu penyerahan dukungan telah usai.

Sehingga sejak detik pertama pukul 00.00 WIB, Jumat (11/7) seluruh jajaran KPUD mulai sibuk dengan pekerjaannya yang sebenarnya. Mulai dari pegawai biasa hingga Ketua KPUD Kota Padang Endang Mulyani. Mereka tampak sibuk melakukan pengecekan ulang jumlah suara dukungan calon.
Pada hari terakhir itu,  pelbagai gaya dan ulah yang ditampilkan para calon. Baik disengaja maupun tidak. Ada yang bergaya santai seperti rakyat biasa hingga seperti pengantin baru. Seperti halnya pasangan Soetrisno AB-Darlison. Saat pasangan itu tiba, jajaran KPU sedang menerima kedatangan pasangan Mudrika-Danil Aswad (Muda).

Ketika Soetrisno datang mengenakan stelan jas warna krem, sekitar pukul 23.15 WIB. Sedangkan wakilnya, Darlison, juga menggunakan stelan yang sama dengan warna pakaian senada. Saat Padang Ekspres memintai komentarnya di sela-sela pemerkisaan, ia saat itu menjadi “pengantin”.

“Saya ini seperti penganten. Maka saya tidak mengetahui jumlah persis suara yang dikumpulkan tim relawan yang telah bekerja sejak sebulan lalu. Maka saya mesti berkapakaian layaknya penganten,” kata Soetrisno. Maka, tidak salah penampilannya bak mempelai laki-laki akan menghadapai ijab kabul di depan wali nikah.

Lain pula dengan pasangan Cawako-cawawako dari kelompok selebritis, Rizal Munir-Gusti Randa. Ia datang, sekitar pukul 21.30 WIB. Meskipun wakilnya, Gusti Randa, tidak menampakan batang hidung, namun tidak membuat semangat Rizal Munir surut ke kantor KPUD Kota Padang di Jalan Palembang No 19 Kompleks Asratek Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara.Sample Image

Mulanya anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat ini hanya sekadar melenggang ke kantor KPU. Rizal didampingi seorang tim suksesnya. Bahkan saat dijamu anggota KPUD, Rizal menyempatkan dirinya berseloroh. “Sudah ada calon yang mendaftar. Kalau belum ada, seganlah saya sebagai orang pertama yang mendaftar,” ungkap Rizal sambil tersenyum diiringi gelak tawa hadirin dari KPUD di dalam ruangan berukuran sekitar 7 meter kali 4 meter tersebut.

Layaknya Pengantin : Pasangan calon independen Sutrisno-Darlison terlihat layak seperti pengantin baru saat datang ke Kantor KPUD Padang, untuk menyerahkan suara dukungan pasangan, kemarin malam.

Selang satu jam berikutnya seluruh ruangan KPUD mulai dipenuhi empat pasangan bakal calon Wali Kota Padang. Dari pasangan Mudrika-Danil Aswad (Muda), Soetrisno-Darlison. Pasangan Ibrahim-Murlis Muhammad (IMAM).  Sebelumnya Padang Ekspres sempat melakukan kontak dengan Ibrahim. Calon Wali Kota pasangan IMAM ini nyaris tidak datang ke KPU Kota Padang. Beruntung  sekitar 15 menit sebelum injury time, Murlis Muhammad menampakan batang hidung bersama beberapa tim relawannya. Ia datang masih mengenakan pakaian dinasnya di lingkungan Pemko Padang.

Sekitar detik-detik menjelang pukul 00.00 WIB berbunyi, tiba-tiba datang salah satu pasangan Erwin Amar-Syech Rajo Mudo Yumisdi. Yang datang saat itu hanya tim relawannya. Tim itu menyerahkan bukti dukungan suara calon pasangan Wali Kota yang mereka usung. Calon ini nyaris luput dari perhatian masyarakat selama ini. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: