h1

Masak Sakampuang Usai,Warga Terharu

Agustus 15, 2008
Senin, 04 Agustus 2008
Sample ImagePadang, Padek– Masak Sakampuang jilid 11 merupakan acara pamungkas dari kegiatan basamo debutan Padang TV ini diakhiri di tepi perkampungan nelayan, tepatnya  kawasan Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat. Acara ini berjalan cukup sukses dan dihadiri ratusan warga kampung setempat.

Di tempat ini Masak Sakampuang berubah menjadi masak Sakota. Di sela-sela kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai kebersamaan dan tradisi itu, Wali Kota Padang Fauzi Bahar mohon maaf dan pamit pada seluruh warga Kota Padang. Pasalnya dalam hitungan hari lagi dirinya akan meninggalkan jabatannya sebagai pemimpin Kota Bingkuang ini.

Akhir Masak Sakampuang di Kecamatan Padang Barat sebagai tempat terakhir dari 11 kecamatan Kota Padang ini diwarnai suasana dengan haru. Pasalnya, tidak hanya Masak Sakampuang yang berhenti untuk sementara waktu, tapi produser Masak Sakampuang, Revi Yuliana yang selama ini menangani acara ini pun mengakhiri karirnya untuk sementara waktu di statiun TV lokal Padang  TV.

Ini membuat sejumlah kru Padang TV yang hadir di acara itu menampakan wajah sedih.  Namun keinginan warga Kota Padang menginginkan acara serupa ini tetap berlanjut langsung ditangkap oleh Produser Eksekutif Padang TV Hendri Sulaiman, yang mengatakan program ini akan dilanjutkan dalam episode Masak Sakampuang 2.  “Dari 11 rangkaian kegiatan Masak Sakampuang, belum tentu seluruh warga dapat menikmatinya.

Sebab tempatnya hanya terpusat pada satu tempat. Sehingga warga di kelurahan lain tidak kebagian merasakan indahnya kebersamaan dalam acara itu,” ungkap Hendri. Lanjutnya, kegiatan ini diulangi pada beberapa waktu mendatang. Bahkan di gelombang kedua, konsep acaranya lebih meriah dari yang pertama. Akhir acara itu juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Fauzi Bahar dan Revi Yuliana. Pada acara itu hadir seluruh lurah, LPM, tokoh masyarakat, Majelis taklim dan budno kanduang di Kecamatan Padang Barat.

Selain itu juga tampak Kabag P3OR Pemko Padnag Azwin, Wakil Pimpinan Perusahaan Rita Guzveniza dan unsur Padang TV lainnya.  Di samping itu, Fauzi Bahar juga menyampaikan maafnya kepada seluruh warga Kota Padang. Beberapa hari ke depan, dirinya akan menjadi warga kota biasa. Ia menjalani proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang.  “Selama saya memimpin Kota Padang, hanya sekadar memberikan kemajuan warga. Namun demikian tidak semua cara yang dapat diterima dengan warga.Sample Image

Oleh sebab itu, keridhoan warga akan menjadi langkah yang baik untuk kemajuan Kota Padang ke depan,” tuturnya.  Sementara itu, Camat Padang Barat melalui Sekretaris Kecamatan Mursalim didampingi Lurah Rimbo Kaluang Safrizen mengaku bahagia sekali dengan kesuksesan Masak Sakampuang di Padang Barat. Kendati tidak ada lagi warga pribumi, namun warga tepi pantai purus atas mampu menampilkan sejumlah kegiatan yang tidak meninggalkan esensi-esensi dasar Masak Sakampuang.

Potong tumpeng : Wako Fauzi Bahar memotong tumpeng dalam acara Masak Sakampuang di Kecamatan Padang Barat, kemarin.

Di antaranya kebersamaan dalam memasak seekor sapi, bergotong royong, rangkaian kegiatan tradisional, dan rohani. Seperti majelis taklim, subuh mubarokah. “Warga Padang Barat sangat antisias mengsukseskan progaram masak sakampuang ini. Bahkan di tempat ini kita bisa menentukan akhir dari Masak Sakampuang. Sukses di sini, berarti sukses Masak Sakampuang secara keseluruhan,” ungkap Mursalim dengan bangga diamini  Safrizen.  Hal senada juga dikatakan Muslim (45), salah seorang warga.

“Kami sangat menantikan Masak Sakampuang2,” tuturnya  Muslim, yang juga guru di MAN 2 Padang.  Di akhir kegiatan Fauzi Bahar mengatakan Masak Sakampuang2 nantinya dilaksanakan sekali sebulan. “Dengan sekali sebulan, setiap kecamatan dapat mempersiapkan acara lebih matang. Kegiatan yang ditampilkan nantinya tidak hanya sekadar penampilan biasa, melainkan dapat membuat orang lain mengaplikasikan kegiatan tersebut,” harap Fauzi. (mg7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: