h1

Segel Kantor KAN Dibuka, Protes Terkait Bantuan Pihak Ketiga

Agustus 15, 2008
Jumat, 08 Agustus 2008
Padang, Padek— Segel yang dipasang Masyarakat Peduli Adat Nagari Pauh V pada kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh V, Rabu lalu, sebagai tanda protes mereka terhadap pengurus KAN Pauh V yang dinilai warga tidak konsisten dengan kebijakannya untuk pembangunan kantor pasca dilantiknya pengurus KAN yang baru, akhirnya dibuka kembali oleh mereka.

Setelah melalui pertemuan bersama Masyarakat Peduli Adat Nagari Pauh V dengan pengurus KAN yang baru, pada Rabu malam (6/8) lalu yang difasilitasi mantan Ketua Forum Anak Nagari (FAN) Pauh V, Junaidi Susanto. Akhrinya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan kesalahpahaman mereka dan menyatakan permasalahan itu selesai.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Ketua KAN Mulyadi Zakaria Dt Rajo Putih menjelaskan tentang tuntutan mereka. Isinya tentang keberadaan uang bantuan pihak ketiga yang mencapai Rp75 juta, dan intervensi LKAAM terhadap pelegalitasan pengurusan SK dianggap selesai.

Dikatakannya, dana bantuan dari Univesitas Andalas (Unand), Wali Kota Padang, dan Dinas Pariwisata Kota Padang itu sedianya digunakan untuk pembangunan kantor KAN. Namun, sejak dilantiknya pengurus KAN Pauh V baru, kebijakan itu berubah.

Selaku Ketua KAN Pauh, Mulyadi Zakaria Dt Rajo Putih bersama yang lainnya menerima tuntutan masyatakat itu, sedangkan warga yang mengatasnamakan dirinya sebagai Masyarakat Peduli Adat juga menyadari kesalahannya.

Mereka kemudian meminta maaf kepada seluruh masyarakat Pauh terutama kepada pengurus KAN Pauh V, atas tindakan penggembokan kantor KAN Pauh tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi demo dengan penyegelan Kantor KAN Pauh V yang dilakukan masyarakat Pauh yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Adat Nagari Pauh V, Rabu kemarin, karena ada kesalahpahaman dan mosi tidak percaya atas kinerja pengurus KAN yang baru dilantik LKAAM. Puncak konflik tersebut ditandai dengan pengembokan kantor KAN oleh kelompok masyarakat tersebut. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: