h1

Gapura Merdeka Meriahkan HUT RI

Agustus 30, 2008
Jumat, 15 Agustus 2008
Padang, Padek— Jelang peringatan HUT ke-63 RI pada 17 Agustus 2008 mendatang, Pemerintah Kota Padang bersama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sumbar menggelar lomba Gapura Merdeka tingkat kelurahan se-Kota Padang. Lomba ini disosialisasikan awal Agustus lalu dan pengumuman pemenangnya September mendatang.

Ketua Pelaksana Lomba Merdeka Ahsani Taqwim dari LPP TVRI Sumbar kepada Padang Ekspres mengatakan, lomba Gapura Merdeka tahun ini merupakan ketiga kalinya. Tahun sebelumnya selalu diikuti ratusan kelurahan. Dikatakannya, tahun ini setiap peserta dapat memilih salah satu dari enam tema yang ditawarkan.

“HUT RI ke-63 ini mesti dimeriahkan dengan segala kegiatan. Salah satunya dengan lomba Gapura Merdeka. Dalam lomba ini, akan tergambar nilai-nilai kebersamaan suatu masyarakat. Selain itu, tujuannya untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki warga suatu tempat,” terang Ahsani Taqwim. “Tahun lalu, peserta menampilkan gapura sangat beragam. Antarkelurahan memiliki ciri khas yang berbeda,” ungkap Taqwim.

Proses penilaian lomba ini dimulai dari pengumuman lomba, pada warga dari tingkat RT, RW, kelurahan dan kecamatan. “Setiap kecamatan akan menampilkan Gapura Merdeka. Sebab kita tidak membatasi jumlah peserta. Buktinya tahun lalu lomba ini diikuti 100 lebih gapura,” ungkap Ahsani.

Penilaian pemenang lomba, tambah Taqwim, diawali dari proses pengerjaan gapura. Pada pembuatan itu, peserta dianjurkan menggunakan bahan-bahan yang murah meriah. Hasil pembuatan itu nantinya dikirim dalam bentuk foto ukjuran 10 R sebanyak dua lembar dari dua sudut pandang berbeda.

“Lomba ini melihat bagaimana suatu kelompok masyarakat meningkatkan nilai guna suatu benda hingga menjadi benda yang sangat menarik. Penilaian lainnya bagaimana peserta menempatkan gapura,” ungkapnya. Hasil pengiriman gambar gapura itu, nantinya disurvey tim penilai dari Pemko dan TVRI Sumbar. Setiap gapura yang masuk menjadi nominasi di-shooting dan disiarkan di dalam program  TVRI.   (mg7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: