h1

Diduga Lemparan Bom Molotov

Desember 7, 2008


4 Kendaraan, 4 Rumah Terbakar

Sample Image Hangus: Empat kendaraaan dan empat rumah hangus terbakar di Pasa Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kamis (6/11) sekitar pukul 03.00 WIB. Api diduga berasal dari lemparan bom molotov yang dilempar orang tak dikenal.
Padang, Padek—Rumah Kepala SD Negeri 02 Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Afrida Tahar hangus terbakar Kamis (6/11) sekitar pukul 03.00 WIB.
Selain itu, si jago merah juga meludeskan tiga rumah lainnya yang berada tepat di rumah sebelahnya, berikut sebuah mobil sedan dan tiga sepeda motor. Akibat kebakaran menjelang waktu subuh itu, enam kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.
Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Api diduga berasal dari lemparan bom molotov yang dirakit dengan botol dan dilempari orang tak dikenal ke bawah mobil sedan yang terparkir di depan rumah korban. Dugaan ini diperkuat keterangan sejumlah warga sekitar dan keluarga korban yang menemukan barang bukti sebuah botol di bawah mobil sedan di depan rumah Afrida.
Empat rumah yang terbakar tersebut berada di Jalan Raya Parak Gadang. Rumah pertama yang terbakar adalah rumah milik Afrida Tahar, tepatnya di Jalan Parak Gadang Raya 16 A yang dihuni empat orang. Rumah di sampingnya yang ikut terbakar, rumah ditempati Asni (66) yang dihuni enam jiwa.

Sedangkan rumah yang juga ikut “dijilat” si jago merah dan terbakar adalah satu unit paviliun bernomor 18 yang dihuni Hendri Riski (37) bersama tiga orang keluarganya. Lalu, rumah nomor 14 terdapat tiga KK dan 11 jiwa dari keluarga Nurman (62), Suryadi, (32) dan Rustam (57).

Pantauan Padang Ekspres di TKP juga terdapat tiga sepeda motor yang hangus, karena tidak terselamatkan. Siddiq (23), anak Afrida Tahar mengatakan saat kejadian ia hanya melihat api telah membesar. Ia berusaha memadamkan api, tapi api semakin membesar. Akhirnya ia tidak dapat menyelamatkan satu pun barang di rumahnya.

“Saat ke luar rumah, saya melihat botol di bawah mobil. Sebelumnya di mobil itu tidak ada apa-apa. Bahkan dari informasi yang didapatkan dari warga yang ikut memadamkan api, sebelum kejadian terdengar suara lemparan ke arah mobil,” tutur Siddiq.

Ia menyayangkan petugas kebakaran yang datang di saat api telah membesar. “Tadinya pemadam telah datang ke sini, tapi entah kenapa mobil tersebut pergi. Akhirnya baru dipadamkan beberapa saat kemudian,” sesalnya. Sementara itu, Afrida Tahar yang diselamatkan ke rumah warga sekitar belum bisa berkomentar.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Kesejahteraan Sosial, Penanggulangan Bencana dan Banjir (DKS-PBB) Kota Padang Ardisyaf mengatakan proses pemadaman api memakan waktu 1 jam 20 menit, diperkuat 10 unit armada pemadam kebakaran. “Jika warga masih mengeluhkan kinerja pemadam kebakaran, hal itu sebabkan korban sedang panik. Sebab, pada saat bersamaan kebakaran terjadi di dua tempat. Selain di Parak Gadang juga terjadi di SD Alang Lawas,” jelasnya.

Kapoltabes Padang melalui Kasatreskrim Kompol Hendri Budiman yang dihubungi Padang Ekspres mengungkapkan, adanya indikasi kesengajaan di balik kebakaran tersebut. Sebab api berasal dari luar rumah. “Kita akan menyelidiki kasus ini,” terangnya.

Selain itu, pagi kemarin DKS-PBB Kota Padang langsung menyerahkan bantuan spontanitas kepada korban kebakaran. Bantuan tersebut berupa logistik berupa beras, makanan kaleng, mie instan, selimut, baju, plastik terpal. Kasi Sosial Budi Erwanto mengatakan, bantuan logisitik berupa makanan dapat menanggulangi kebutuhan korban selama 15 hari.

Sementara itu, warga yang berada di sekitar TKP mengeluhkan kehadiran aparat kelurahan dan kecamatan yang hadir di TKP. Kasi Trantib Kecamatan Padang Timur Deni Harzandi mengatakan mesti Camat hadir di tengah korban. Keberadaannya dapat memberikan bantuan moril pada korban,” ungkapnya dengan nada kesal. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: