h1

Lulusan Ekonomi = Wirausaha

Desember 7, 2008

Minggu, 07 Desember 2008
Sample Image Sarjana lulusan ilmu ekonomi diharuskan berani membuka usaha untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama belajar di kampus. Sebab, saat ini ketersediaan peluang kerja di perusahaan dan industri semakin kecil. Krisis ekonomi global menjadi alasan tidak dilakukannya penerimaan karyawan baru.

Bahkan beberapa perusahaan merumahkan sebagian karyawannya, karena usaha industri di saat krisis ini menjadi macet. Begitu juga dengan peluang untuk bersaing di seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak kalah ketatnya. Ribuan pencari kerja bersaing merebut satu formasi yang disediakan pemerintah daerah.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dharma Andalas Dra Sri Daryanti Zen, MBA, SE, Ak pada sambutannya di wisuda XXIV Dharma Andalas (DA), Sabtu (29/11) mengatakan lulusan perguruan tinggi tidak harus menggantungkan karirnya di perusahaan atau sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Tujuan utama STIE Dharma Andalas mencetak seorang sarjana atau ahli madia untuk dapat menjadi tenaga profesional di bidangnya, khusus di bidang ekonomi. Sebab, saat ini masih banyak sektor-sektor usaha yang belum digarap para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Semua itu dapat dilakukan bagi lulusan perguruan tinggi. Mereka memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan tenaga kerja lulusan pendidikan menengah. Apalagi lulusan prodi Manajemen, mereka diasah oleh staf pengajar untuk dapat mengelola sebuah usaha.Sample Image

“Memulai usaha tidak harus di skala besar. Tidak sedikit pengusaha sukses mengawali bisnisnya dari usaha kecil dan menengah. Dari perjuangan membina usaha demikian, maka akan menimbulkan kematangan bagi seorang bisnisman mengelola usahanya,” tutur Sri Daryanti.

Mahasiswa Beriwarausaha: Sejumlah mahasiswa Universitas Andalas (Unand) berjualan makanan atau takjil di kawasan Jalan Patimura pada bulan Ramadan lalu. Kegiatan itu bukti jiwa Entrepreneurship para mahasiswa.

Apalagi saat ini, lanjut Sri Daryanti STIE Dharma Andalas memiliki ciri khas pendidikannya. Yang mana ciri-ciri itu tidak ada duanya dengan PTS lainnya. STIE Dharma Andalas saat ini memiliki keunggulan di bidang perbankan syariah, kemahiran komputer, dan manajemen informasi. Ciri tersebut lahir karena terjadinya perubahan di dalam sistem operasi lembaga keuangan di Indonesia dari sistim konvensional ke perbankan syariah. Perubahan itu dituangkan dalam UU No 7 tahun 1992 tentang perbankan.

Pada wisuda XXIV, STIE melantika 117 lulusannya. Semua itu terdiri dari program studi (prodi) Manajemen (strata 1) sebanyak 64 orang, prodi manajemen (Diploma 3) sebanyak 14 orang dan Akuntasi (Diploma 3) sebanyak 39 orang.Wisudawan terbaik diperoleh Rahmat Hanafi (IPK 2,96) untuk prodi S1 Manajemen, Rahmawati (IPK 2,57) prodi D3 Manajemen dan Rini Suwarni (IPK 2,9) dari prodi D3 Akuntansi. Setelah 24 kali mewisuda lulusannya dari tahun 1993/1994, STIE Dharma Andalas telah melahirkan 2.742 lulusannya. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: