h1

Puting Beliung 26 Rumah Rusak

Desember 7, 2008

Puluhan Warga Alanglaweh Shock”
Sample Image Atap Terbang: Angin puting beliung merusak 26 rumah di Kelurahan Alanglaweh, Kecamatan Padang Selatan, Senin (17/11) dinihari. Tak ada korban dalam peristiwa tersebut. Sebelumnya, Minggu (2/11), kejadian serupa menghantam 71 rumah di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah. [M. Arif Pribadi / Padek]

Padang, Padek—Sebanyak 26 rumah di Kelurahan Alanglaweh, Kecamatan Padang Selatan rusak karena amukan angin puting beliung, Senin (17/11), sekitar pukul 00.30 WIB. Walaupun tidak menyebabkan rumah warga hancur, namun angin yang datang secara tiba-tiba tersebut mencampakkan puluhan atap rumah warga.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, sebagian warga (yang atap rumahnya diterbangkan angin), terpaksa ronda hingga pagi, karena tidak bisa lagi berteduh di rumahnya. “Dimana kami akan tidur. Belum lagi adanya genangan air hujan yang masuk ke dalam rumah kami,” ungkap Ernawati (48), salah seorang warga RT 04/RW 05.
Pascaperistiwa tersebut, puluhan warga yang ditemui Padang Ekspres mengaku shock. Masih terngiang di telinga mereka, bunyi angin yang menderu-deru seakan mengangkat mereka. Pantauan Padang Ekspres, Senin (17/11) pagi, puluhan warga berusaha mengumpulkan kembali atap rumah mereka yang diterbangkan angin. Dan memperbaiki dinding rumah mereka (sebagian besar terbuat dari kayu) yang ikutan rusak dihantam angin.

Seperti halnya, Syafruddin (54) warga RT 14 RW IV tampak mengawasi tiga orang anaknya untuk memasang atap rumahnya yang lepas. Tak jauh dari rumah Syafruddin, tepatnya di posko pemuda, beberapa relawan tampak sibuk mengumpulkan data dan sumbangan dari berbagai pihak yang datang melihat kondisi warga sekitar.

Ketua RW 04 Alanglaweh, Den Haas yang rumahnya juga terkena musibah, menjelaskan, musibah ini datang sewaktu warga tengah tertidur nyenyak saat hujan Senin (17/11) dinihari. “Karena angin tersebut mengeluarkan bunyi yang menderu-deru, kontan warga sekitar terbangun. Tapi mereka takut untuk ke luar rumah, takut kejadian yang lebih buruk terjadi,” jelasnya.

Warga lainnya, Syahrial (46) menceritakan angin kencang tersebut terjadi selama enam menit. Dalam waktu itu, angin tersebut berputar-putar dan menerbangkan atap-atap rumah warga. Lantaran hari hujan membuat air masuk ke rumah-rumah penduduk. “Tak terbayangkan bagaimana mencekamnya situasi malam itu. Apalagi kala itu, listrik tiba-tiba mati. Pokoknya tak ingin peristiwa tersebut terjadi lagi,” ungkap Syahrial.

Sementara itu, hingga pukul 12.00 WIB, belum ada bantuan resmi dari dinas atau instansi terkait. Walaupun sudah ada pejabat yang datang, baru sebatas mengumpulkan data. Lurah Alanglaweh, Werian menegaskan akan segera berkoordinasi dengan semua pihak.

“Pertama sekali, kita akan memperbaiki jaringan listrik yang rusak. Kemudian, untuk warga yang rumahnya rusak, kita akan menyiapkan tempat pengungsian,” jelasnya. Sementara itu, Kabag Bina Sosial (Binsos) Zabendri menegaskan, Pemko secepatnya akan segera merealisasikan bantuan untuk warga.

“Saya sudah buatkan telaahan staf (TS) ke pimpinan untuk membantu warga kita yang terkena musibah. Mudah-mudahan bantuan tersebut segera cair, tentu saja sesuai dengan kemampuan kita. Namun biasanya, bantuan musibah itu cepat direalisasikan. Di samping itu, bantuan makanan sudah kita distribusikan langsung dari pihak kecamatan. Namun demikian, kita berharap, ada pihak-pihak lain atau donatur untuk turut membantu meringankan penderitaan warga,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKS-PBB Kota Padang Ardisyaf mengatakan, warga yang rumahnya tidak bisa ditempati akan diungsikan ke masjid atau mushalla yang ada di sekitar lokasi kejadian. Namun, kalau ada sanak famili yang bersedia memberikan tumpangan, silakan saja menginap di sana. “Bersama pihak lain, kita juga akan berkoordinasi dengan PLN untuk memperbaiki jaringan listrik yang rusak,” jelasnya. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: