h1

Saksi Mulai Diperiksa, Terkait Pelaporan KPU dan Panwas

Desember 7, 2008
Sabtu, 08 November 2008
Padang, Padek—Laporan empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota (Cawako-Cawawako) yang dinyatakan kalah pada pesta demokrasi Pilkada Padang pada (23/10) lalu masih dipelajari jajaran Polda Sumbar. Keempat pasangan calon melapor itu diwakili dua kuasa hukumnya, Fauzi Novaldi SH dan Yuni Asril SH. Kedua pengacara itu melaporkan seluruh anggota KPU Kota Padang dan Panwas atas kelalaiannya pada Pilkada Kota Padang.

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Djoko Erwanto yang dihubungi Padang Ekspres mengatakan kini laporan empat pasangan calon itu baru sampai di jajaran Reskrim Polda Sumbar. “Hingga saat ini jajaran kita telah melakukan pemanggilan para saksi. Baik saksi dari luar unsur pelapor atau terlapor,” ungkap Djoko yang enggan menyebutkan nama.

Hingga saat ini lanjut Djoko, laporan itu belum dapat dikategorikan pada perkara pidana murni atau perkara Pilkada. Jika laporan itu masih dalam ranah Pilkada, maka akan diserahkan pada instansi terkait yang menangani kasus tersebut.

“Kita berharap ada kesabaran masyarakat untuk mengungkap kasus ini. Untuk itu Polda Sumbar akan mempelajari laporan itu lebih dalam lagi,” tekad Djoko. Pada laporan itu, kuasa hukum Fauzi mengatakan kelalaian yang dilakukan KPU Kota Padang dan Panwas, telah menimbulkan masalah dalam Pilkada Kota Padang, yang telah merugikan kliennya.

Fakta-fakta yang disampaikan sebagai penguat laporan itu, seperti dugaan money politic sewaktu kampanye Fauzi Bahar-Mahyeldi tanggal 18 Oktober dalam bentuk door prize. Laporan 114 warga di Kelurahan Air Pacah yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kartu pemilih yang tak memiliki registrasi, memakai logo Pemko, tinta celup yang tidak tahan lama. Simulasi dari KPU yang seolah-olah mengajak masyrakat untuk memilih pasangan nomor urut tiga. Laporan money politic dari warga Kelurahan Kota Baru Kecamatan Lubeg. Serta banyaknya warga yang tidak mendapat hak pilih, karena tidak memiliki kartu pemilih. (ilham safutra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: