h1

3,5 Ton Mita Diamankan

Desember 28, 2008

HEADLINE NEWS

Selasa, 23 Desember 2008
Active ImageMita Subsidi : 3,5 ton (17 drum) minyak tanah bersubsidi diamankan di Mapoltabes Padang, kemarin. Mita yang didapat di rumah tersangka, Jalan Teknologi Siteba ini tidak memiliki dokumen resmi. (ilham safutra/padek)
Padang, Padek— Jajaran tim Buser Satuan Reskrim Poltabes Padang kembali mengungkap kejahatan penimbunan minyak tanah (mita) bersubsidi. Kali ini jajaran di bawah komando Kasatreskrim Kompol Hendri Budiman berhasil mengamankan 17 drum mita yang tidak memiliki dokumen resmi tentang pendistribusian mita. Barang bukti (BB) sejumlah 3,5 ton itu didapatkan di rumah tersangka, ”ABK”, 36, di Jalan Teknologi IV No 5B, Siteba, Kecamatan Nanggalo, Minggu (21/12) malam.
Saat diamankan, minyak tersebut, aku ”ABK” akan dijual kepada pedagang lainnya. Akibat penimbunan minyak tanah bersubsidi itu, negara diperkirakan mengalami kerugian senilai jutaan rupiah. Saat ini polisi baru menetapkan ”ABK”, sebagai tersangka tunggal. Sebab ketika mengamankan BB, tersangka mengaku sebagai pemiliknya.

Kompol Hendri Budiman didampingi Kanit Buser Aiptu Wan Ali mengatakan sebelum diciduk di tempat kejadian perkara (TKP), tersangka telah menjadi target operasi (TO) aparat sejak dua minggu lalu.

Dari pengakuan tersangka, BB tersebut hanya didistribusikan kepada pengecer. Kendati demikian, Hendri Budiman menduga BB tersebut dijual kepada industri yang berada di luar Kota Padang. “Kita mendapat informasi dari laporan warga setempat. Saat ini, BB telah kita amankan,” tutur Hendri. Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 53 dan 55 UU No 22 tahun 2001 tentang Migas. Ancaman hukumannya enam tahun dan denda Rp60 miliar.

Lebih lanjut Hendri mengatakan selama 2008, Poltabes telah berhasil mengungkap kasus penimbunan mita bersubsidi sebanyak 10 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 10 orang. Dari sejumlah kasus tersebut, lanjut Hendri, sebagian tersangka telah menjalani proses penahanan dan sebagiannya dikembalikan karena memiliki dokumen. (ilham safutra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: