h1

Tinjau Kembali UU BHP

Desember 28, 2008
Jumat, 26 Desember 2008
Padang, Padek—Ratusan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) menolak Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) di halaman Gedung DPRD Sumbar, Rabu (24/12). Penolakan itu dilakukan dengan longmarch dari kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Lolong menuju gedung bundar tersebut. Kedatangan para mahasiswa  itu hanya disambut Sekretaris DPRD Sumbar Nasral Anas.

Sebelum berada di halaman DPRD Sumbar, para mahasiswa melakukan aksi longmarch  dari depan TMP Lolong Padang. Pada aksi itu mereka terus menyuarakan penolakan terhadap UU BHP. Mahasiswa menganggap UU BHP bentuk lain melegalkan komersialisasi pendidikan pada rakyat. Para pengunjuk rasa mendukung dilakukannya peninjauan kembali terhadap UU BHP, dan mendesak perealisasian anggaran pendidikan dalam APBN.

Aksi penolakan yang dipimpin Presiden BEM Unand Hanif Dwi Putra itu mengundang perhatian seluruh pengguna jalan lalu lintas di Jalan S Parman. Aksi tersebut mengakibatkan kemacetan beberapa puluh meter. Dalam aksinya di depan halaman DPRD Sumbar, hanya ditanggapi Sekwan Nasral Anas. Sementara, anggota DPRD Sumbar sendiri tidak berada di gedung bundar. Semula para mahasiswa tidak percaya. Setelah dijelaskan Sekwan, anggota DPRD sedang reses di daerah pemilihan, barulah mahasiswa dapat memahaminya.

Selain itu, dalam aksi damai yang dilakukan BEM Unand, mereka juga menggelar aksi teaterikal tentang seorang pejabat pemerintah menanggapi aksi mahasiswa yang menolak UU BHP. Kendati demikian, mahasiswa tetap mendesak Nasral Anas menandatangani penolakan yang disampaikan mahasiswa. Usai penandatangan itu, para demonstran kembali ke kampusnya menggunakan bus kampus Unand. (i)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: