h1

Unand Dukung UU BHP, SPP 2009 Tetap

Desember 28, 2008
Senin, 22 Desember 2008
Padang, Padek—Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (UU-BHP) yang telah disahkan DPR RI akan berdampak baik kepada seluruh perguruan tinggi negeri (PTN), termasuk Universitas Andalas. Salah satu keuntungan bagi Unand, akan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah dan dapat mengembangkan kampus tertua di luar Jawa itu ke arah yang lebih baik.

“Selama ini PTN sulit melakukan pengembangan terhadap kampusnya, karena PTN masih diikat dengan aturan dan UU tertentu. PTN tidak berani melakukan inovasi terhadap kampusnya. Dengan adanya UU BHP, PTN nanti bisa mencari peluang untuk menjadikan kampusnya besar, salah satunya dengan cara menjual setiap hasil penelitian yang terdapat di kampus,” kata Rektor Unand Musliar Kasim usai mewisuda 1.904 mahasiswa, Sabtu (20/12).

Musliar mengatakan persoalan dalam UU BHP tidak hanya pada masalah pendanaan secara otonom sebagaimana yang dimaksudkan kalangan luar. Akan tetapi UU itu memberikan kesempatan pada perguruan tinggi untuk lebih kreatif mencari peluang untuk membangun kampus. Selama ini, Unand hanya mendapatkan perhatian dari pemerintah tidak terlalu besar. Tahun lalu total anggaran kebutuhan di Unand hanya dibantu pemerintah hanya 50 persen. Sisanya dicari sendiri.

“Kehadiran UU BHP ini Unand akan mendapatkan keuntungan lebih besar. Selain mendapat kebebasan mencari pendanaan kampus ke pihak luar, dari pemerintah pun akan tetap mendapatkan bantuan pendidikan. Selama ini pemerintah belum menerapkan anggaran 20 persen di dalam APBN,” kata dosen ahli pertanian ini. Dia membantah akan terjadi komersialisasi pendidikan di Unand. Sebab di dalam UU BHP, keterlibatan masyarakat untuk membantu pendidikan hanya maksimal 30 persen. Sisanya harus dicarikan dari pihak luar.

Untuk menjamin tidak terjadinya komersialisasi pendidikan di Unand, Musliar menegaskan tahun depan tidak terjadi kenaikan SPP. “Tahun depan kami bertahan dengan SPP saat ini,” tutur putra Tanahdatar itu. Saat wisuda gelombang tiga itu, jumlah wisudawan Unand terdiri dari program pendidikan DIII sebanyak 491 orang, S1 sebanyak 954 orang, S2 atau magister sebanyak 458 orang dan satu orang doktor di program S3.

Di samping mewisuda mahasiswanya, Unand menerima ISO 9001: 2008 dari PT SAI Global. ISO tersebut diberikan untuk kualitas sistem manajemen di Politeknik Unand.  Musliar Kasim berharap ISO tersebut nantinya tidak hanya untuk Politeknik, tapi untuk Unand secara menyeluruh. (i)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: